Pendahuluan
Training Service Excellence Rumah Sakit – Sejak diterbitkannya UU tentang pelayanan publik pada tahun 2009, diberitahukan setiap institusi baik pemerintah maupun swasta wajib memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan karyawan yang mampu memberikan pelayanan prima atau sering disebut Service Excellence atau Excellent Service. Pengetahuan atau ketrampilan dalam melayani dapat dibangun dengan melakukan pelatihan SDM di masing-masing institusi sehingga tujuan dari pelayanan prima (Excellent Service/ Service Excellence) dapat terwujud dalam bentuk kepuasan pelanggan.
Rumah sakit dibangun untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Saat berada di rumah sakit, ketakutan dan kebosanan muncul di benak pasien. Salah satu tujuan utama didirikannya rumah sakit adalah memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pasien. Namun, banyak rumah sakit yang sembarangan melayani pasiennya. Banyak staf medis yang tidak puas dengan pelayanan pasien, dan akhirnya pasien menyerah untuk dirawat di rumah sakit. Bahkan, hanya sebagian saja yang memberikan pelayanan berkualitas kepada pasien di rumah sakit. Padahal, bukan hanya staf lini depan saja yang harus memberikan pelayanan yang berkualitas, tetapi lini juga harus memberikan pelayanan yang berkualitas.
Pelayanan berkualitas menjadi penting karena dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi pasien. Mereka pada dasarnya ingin tidak hanya terapi, tetapi juga ingin diperhatikan, dihormati, dan dipuji. Jika semua lini rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang berkualitas di rumah sakit yang baik, maka tidak hanya akan mempengaruhi kepuasan pasien, tetapi juga meningkatkan omset yang diperoleh. Keunggulan pelayanan rumah sakit adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien yang membuat mereka merasa puas dan ingin menggunakannya bahkan terus menggunakan jasa rumah sakit di masa yang akan datang.
Oleh karena itu kami sebagai Konsultan & Training Rumah Sakit bermaksud menyelenggarakan pelatihan yang direkomendasikan untuk diikuti untuk meningkatkan kualitas service Excellence Rumah Sakit Anda.
Tujuan Training
Adapun tujuan setelah mengikuti Training Service Excellence Rumah Sakit adalah:
- Peserta memahami konsep service (pentingnya service) bagi kelangsungan bisnis rumah sakit.
- Peserta mampu melihat service dari sudut pandang customer (pasien) dan memahami โ9 Service Bitesโ yaitu: Access, Responsiveness, Competency, Courtesy, Reliability, Speed, Security, Tangible, Professional
- Memahami komunikasi yang efektif sehingga mampu menciptakan image yang baik dari rumah sakit di mata customer.
- Melatih peserta untuk membedakan tipe pasien dan secara terampil menghadapi keluhan pasien.
- Peserta mampu mendeliver service kepada pasien dengan tujuan memberikan pengalaman yang luar biasa yang akan berbuah pada loyalitas pasien
Materi Training
Materi yang akan dibahas dalam Training Service Excellence Rumah Sakit (Pelayanan Prima) adalah:
- Basic mentality for service excellence
- Rumah sakit vs pasien
- Karakteristik rumah sakit vs karakteristik pasien
- Keterampilan service excellence
- Budaya 3A membangun service excellence (Attitude, Attention & Action)
- Paradigma perubahan, dalam menyikapi keluhan menjadi perbaikan dan tanggung jawab sebagai dasar perubahan menjadi lebih baik.
- Karakter dan typical buruk pelayanan rumah sakit
- Karakter dan typical pelayanan rumah sakit yang prima
- Strategi menghadapi perbedaan karakteristik rumah sakit vs karakteristik pasien
- Action plan dan improvement
Sasaran Peserta
Sasaran peserta yang diharapkan mengikuti Training Service Excellence Rumah Sakit adalah: Customer service, bagian medis, dan semua karyawan lainnya di rumah sakit yang berinteraksi langsung dengan pasien.
Metode Training
Metode Training Service Excellence Rumah Sakit (Pelayanan Prima) disampaikan atau dijelaskan secara teoritis dan ilmiah selain itu juga disampaikan dalam bentuk workshop simulasi dan study interaktif yang menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh peserta yang terlibat dalam pelatihan.
Instruktur Training
Training Service Excellence Rumah Sakit (Pelayanan Prima) ini disajikan dengan kurikulum yang telah disusun dengan sangat baik dan disampaikan oleh pengajar yang telah berkecimpung dalam bidang Rumah Sakit dan bekerja untuk Rumah Sakit ternama. dengan Rata Rata pengalaman lebih dari 25 Tahun. Dengan kemampuan terkait dan dedikasi pendidikan tinggi, pemateri kami siap memberikan pengalaman pelatihan terbaik untuk anda, hubungi kami untuk mendapatkan profil lengkap instruktur yang akan mengajar pelatihan ini.
Investasi & Biaya
Jadwal Training
Temukan jadwal kelas yang tersedia sesuai dengan metode belajar yang anda inginkan!
6-7 Januari 2025
9-10 Januari 2025
16-17 Januari 2025
20-21 Januari 2025
23-24 Januari 2025
25-26 Januari 2025
30-31 Januari 2025
6-7 Februari 2025
10-11 Februari 2025
13-14 Februari 2025
17-18 Februari 2025
20-21 Februari 2025
24-25 Februari 2025
27-28 Februari 2025
6-7 Maret 2025
8-9 Maret 2025
10-11 Maret 2025
13-14 Maret 2025
17-18 Maret 2025
20-21 Maret 2025
24-25 Maret 2025
10-11 April 2025
12-13 April 2025
14-15 April 2025
16-17 April 2025
19-20 April 2025
22-23 April 2025
24-25 April 2025
8-9 Mei 2025
10-11 Mei 2025
15-16 Mei 2025
19-20 Mei 2025
22-23 Mei 2025
26-27 Mei 2025
30-31 Mei 2025
5-6 Juni 2025
9-10 Juni 2025
12-13 Juni 2025
16-17 Juni 2025
19-20 Juni 2025
23-24 Juni 2025
25-26 Juni 2025
3-4 Juli 2025
10-11 Juli 2025
14-15 Juli 2025
17-18 Juli 2025
21-22 Juli 2025
24-25 Juli 2025
30-31 Juli 2025
7-8 Agustus 2025
11-12 Agustus 2025
14-15 Agustus 2025
18-19 Agustus 2025
21-22 Agustus 2025
25-26 Agustus 2025
28-29 Agustus 2025
Informasi Pendaftaran
Hubungi kami untuk menyesuaikan dengan jadwal dan lokasi yang anda inginkan.
Kenapa memilih kami?
Telah diikuti lebih dari 800+ Rumah Sakit dan Instansi di Indonesia. Lihat Daftar Klien


Apa kata mereka yang telah menjadi Alumni Traineed Indonesia.
Sudah menyelesaikan training? Tulis Testimonial Anda