Pendahuluan
Training HPK (Hak Pasien dan Keluarga) โ Pasien dan keluarganya adalah pribadi yang unik dengan sifat, sikap, perilaku yang berbeda-beda, kebutuhan pribadi, agama, keyakinan, dan nilai-nilai pribadi. Rumah sakit membangun kepercayaan dan komunikasi terbukadengan pasien untuk memahami dan melindungi nilai budaya, psikososial, sertanilai spiritual setiap pasien.Hasil pelayanan pada pasien akan meningkat bila pasien dan keluarga yang tepat atau mereka yang berhak mengambil keputusandiikutsertakan dalam pengambilan keputusan pelayanan dan proses yang sesuaidengan harapan, nilai, serta budaya. Untuk mengoptimalkan hak pasien dalam pemberian pelayanan yang berfokus pada pasien dimulai dengan menetapkanhak tersebut, kemudian melakukan edukasi pada pasien serta staf tentang hak dan kewajiban tersebut. Para pasien diberi informasi tentang hak dan kewajibanmereka dan bagaimana harus bersikap.
Untuk itu semua staf dididik untuk mengerti dan menghormati kepercayaan, nilai-nilai pasien, dan memberikan pelayanan dengan penuh perhatian serta hormat guna menjaga martabat dan nilai diri pasien. Semua staf memperoleh edukasi dan memahami tentang hak serta kewajiban pasien dankeluarga, juga dapat menjelaskan tanggung jawabnya melindungi hak pasien.
Tujuan Training
Adapun tujuan dari Training HPK (Hak Pasien dan Keluarga) adalah:
- Petugas mampu melakukan identifikasi, melindungi dan mengoptimalkan hak pasien
- Petugas mampu untuk memberitahu pasien tentang hak dan kewajiban pasien.
- Mendapatkan informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di rumah sakit
- Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien
- Mendapatkan layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa dikriminasi Kelompok Berisiko
- Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional
Materi Training
- Review Hak Pasien dan Keluarga Dalam SNARS Edisi 1.1
- Implementasi Hak Pasien Dan Keluarga Sesuai Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009
- Pelaksanaan Second Opinion
- Partisipasi Pasien Dan Keluarga Dalam Proses Asuhan
- General Consent dan Informed Consent
- Menghadapi Keluhan Pasien dan Keluarga
- Peran Kepala Ruangan ( Pokja HPK )
- Peran Managers dan supervisors
- Peran Dokter dan Petugas medis lainnya.
- Peran Human resources managers
- Dan lainnya yang bertanggung jawab dalam Melayani Pasien di Rumah Sakit.
- Tanggung jawab dalam hak pasien dan keluarga
- Dukungan dan berpartisipasi dalam proses pelayanan
- Penjelasan tentang proses dan bertindak dalam pelayanan
- Identifikasi nilai dan kepercayaan pasien
- Penjelasan tentang hak pasien dengan cara dan bahasa yang tepat
- Informed consent
Metode Training
Metode pelaksanaan disampaikan atau dijelaskan secara teoritis dan ilmiah selain itu juga disampaikan dalam bentuk workshop simulasi dan study interaktif yang menyesuaikan dengan kebutuhan seluruh peserta yang terlibat dalam pelatihan.
Instruktur Training
Instruktur berpengalaman lebih dari 25 Tahun. hubungi kami untuk CV Terbaru
Investasi & Biaya
Jadwal Training
Temukan jadwal kelas yang tersedia sesuai dengan metode belajar yang anda inginkan!
6-7 Januari 2025
9-10 Januari 2025
13-14 Januari 2025
16-17 Januari 2025
23-24 Januari 2025
25-26 Januari 2025
30-31 Januari 2025
6-7 Februari 2025
10-11 Februari 2025
13-14 Februari 2025
17-18 Februari 2025
20-21 Februari 2025
24-25 Februari 2025
27-28 Februari 2025
6-7 Maret 2025
8-9 Maret 2025
10-11 Maret 2025
13-14 Maret 2025
17-18 Maret 2025
20-21 Maret 2025
24-25 Maret 2025
10-11 April 2025
12-13 April 2025
14-15 April 2025
16-17 April 2025
19-20 April 2025
22-23 April 2025
24-25 April 2025
8-9 Mei 2025
10-11 Mei 2025
15-16 Mei 2025
19-20 Mei 2025
22-23 Mei 2025
26-27 Mei 2025
30-31 Mei 2025
5-6 Juni 2025
9-10 Juni 2025
12-13 Juni 2025
16-17 Juni 2025
19-20 Juni 2025
23-24 Juni 2025
25-26 Juni 2025
3-4 Juli 2025
10-11 Juli 2025
14-15 Juli 2025
17-18 Juli 2025
21-22 Juli 2025
24-25 Juli 2025
30-31 Juli 2025
7-8 Agustus 2025
11-12 Agustus 2025
14-15 Agustus 2025
18-19 Agustus 2025
21-22 Agustus 2025
25-26 Agustus 2025
28-29 Agustus 2025
Informasi Pendaftaran
Hubungi kami untuk menyesuaikan dengan jadwal dan lokasi yang anda inginkan.
Kenapa memilih kami?
Telah diikuti lebih dari 800+ Rumah Sakit dan Instansi di Indonesia. Lihat Daftar Klien
Apa kata mereka yang telah Mengikuti Training HPK (Hak Pasien dan Keluarga)
Sudah menyelesaikan training? Tulis Testimonial Anda